Wednesday, September 16, 2015

Recruitment Trakindo Utama


Rekrutmen Pada PT. Trakindo Utama

Menurut  Noe at All (2000),  rekrutmen didefinisikan sebagai pelaksanaan atau aktifitas organisasi awal dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mencari tenaga kerja potensial. Berdasarkan definisi ini lah setiap perusahaan yang ada mencari tenaga kerja yang potensial untuk perusahaannya. Salah satunya adalah PT. Trakindo Utama.

Di PT.Trakindo Utama, Human Resources Department atau yang biasa kita kenal dengan HRD adalah divisi yang bertugas untuk mencari tenaga kerja yang potensial untuk sebuah posisi pekerjaan.  HRD Trakindo Utama melakukan proses perekrutan melalui dua cara yaitu :

Rekrutmen Internal

Rekrutmen Internal adalah penarikan tenaga kerja yang berasal dari sumber internal dilakukan dengan cara memberdayakan karyawan yang sudah ada. Proses Perekrutan ini diperuntukan bagi karyawan trakindo sendiri. Rekrutmen ini memungkinkan agar setiap karyawan Trakindo bisa naik jabatan ataupun pindah divisi. Lowongan internal ini dibuka melalui Intranet Trakindo Utama. Sehingga hanya karyawan Trakindo lah yang mengetahui lowongan tersebut. Dalam proses rekrutmen internal, karyawan trakindo yang ingin mengisi lowongan harus mengikuti tes kelayakan terlebih dahulu. Agar yang mengisi posisi lowong tersebut merupakan karyawan yang kompeten di bidang tersebut.

Rekrutmen Eksternal

Rekrutmen Eksternal adalah strategy mencari karyawan baru dari sebuah lingkungan diluar perusahaan untuk mencari SDM yang berkualitas dan pemikiran yang baru. PT. Trakindo Utama melakukan beberapa cara untuk melakukan rekrutmen eksternal. Yaitu :

·         Melakukan Pengiklanan di website pencari kerja.
PT. Trakindo Utama mengiklankan lowongannya di website terkenal seperti di Jobstreet.com maupun di Jobs.db.
·         Melakukan Rekrutmen dengan Politeknik dan Universitas di Indonesia.
PT. Trakindo Utama melakukan ke kampus yang ada di Indonesia untuk melakukan proses rekrutmen di kampus tersebut.
·         Melakukan kerjasama dengan Politeknik dan SMK di Indonesia
PT. Trakindo Utama bekerjasama dengan Politeknik dan SMK di Indonesia dalam hal pengembangan bakat dan juga pembelajaran di bidang alat berat. Mahasiswa dan siswa SMK setiap tahunnya akan di evaluasi oleh Trakindo sebagai bagian dari proses perekrutan. SDM yang lolos tahap evaluasi, dapat bekerja di Trakindo Utama karena dianggap telah layak untuk menjadi karyawan PT. Trakindo Utama
·         Outsource.
PT. Trakindo Utama juga salah satu pengguna tenaga kerja outsource. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cost yang ada untuk posisi yang dianggap kurang vital oleh perusahaan.


Trakindo Utama Team


Daftar Pustaka

International Labour Organization, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Kerjasama dan Usaha Yang Sukses. Dalam :

Anonim. 2013. What Is External Recruitment. Ask. Dalam :

Atep Afia Hidayat. 2015. Modul Perkuliahan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Raihannuri. 2011. Metode dan Teknik Rekrutmen. Blogspot.com dalam:

Nur Laila Fajarwati. 2010. Rekrutmen. Blogspot.com. Dalam :
http://nurlailafadjarwati.blogspot.co.id/2010/12/rekrutmen.html

1 comment: