Monday, September 7, 2015

MSDM Trakindo Utama


Manajemen Sumber Daya Manusia 
di PT. Trakindo Utama

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam konteks bisnis, adalah orang yang bekerja dalam suatu organisasi yang sering pula disebut karyawan. Sumber Daya Manusia merupakan aset yang paling berharga dalam perusahaan. Namun menurut para ahli, tidak ada definisi yang sama persis mengenai manajemen sumber daya manusia.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa, manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan cara pengelolaan manusia dalam hal ini sebagai sumber daya dalam sebuah organisasi atau lingkungan, agar dapat berkontribusi dengan maksimal untuk mencapai visi dan misi organisasi.

Terdapat berbagai istilah yang dipakai untuk menunjukan manajemen sumber daya manusia antara lain: manajemen sumber daya manusia (MSDM), Manajemen sumber daya insani, manajemen personalia, manajemen kepegawaian, manajemen perburuhan, manajemen tenaga kerja, administrasi personalia (kepegawaian), dan hubungan industrial.
   

Di PT. Trakindo Utama, divisi yang secara khusus mengurus hal diatas adalah Human Resources Department. Divisi ini mengatur dan mengelola sumber daya manusia di PT. Trakindo Utama sebagai aset penting dari perusahaan agar sumber daya manusianya memiliki kompetensi yang tinggi dan berkontribusi maksimal untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Dalam tugasnya, Human Resources PT. Trakindo Utama melakukan Persiapan dan Pengadaan, Pengembangan dan Penilaian, Pengkompensasian dan Perlindungan, dan Hubungan-hubungan kepegawaian.

Agar dapat menjalankan urgensi MSDM tersebut dperlukan langkah-langkah awal yaitu, Pembentukan struktur organisasi, mengevaluasi kebutuhan SDM dan analisa pekerjaan dan keterampilan. Di PT. Trakindo Utama, HRD telah merancang struktur organisasi dengan baik seperti adanya Direksi, Area Manager, Branch Manager, Division Manager, Supervisor, Foreman dan Staff. Hal ini sangat membantu untuk menentukan kebutuhan SDM serta analisa pekerjaan dan keterampilan.

Struktur Organisasi Trakindo Utama di Cabang

HRD PT. Trakindo Utama mengevaluasi dan melakukan analisa berdasarkan jenis industry dari perusahaan dan juga visi misinya, dalam hal ini industri alat berat. Setelah di evaluasi, HRD melakukan perekrutan karyawan baru yang kompeten dalam industri tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari poin Persiapan dan Pengadaan.

Setelah mendapatkan karyawan yang kompeten dalam industry alat berat, PT. Trakindo Utama melakukan pelatihan awal agar karyawan dapat bekerja baik secara individu maupun secara kelompok pada industry alat berat. Namun pelatihan tersebut tidak hanya diberikan diawal. PT. Trakindo Utama juga melakukan pelatihan-pelatihan secara berkala sesuai dengan jenjang karir dan jabatan. Hal ini dimaksudkan agar karyawan dapat terus berkembang dan dapat berkontribusi lebih baik lagi untuk perusahaan.

Training Center Trakindo Utama

Kompetensi yang dimiliki oleh karyawan tentunya akan mendapatkan kompensasi yang sesuai dari perusahaan. Di PT. Trakindo Utama, setiap karyawan memiliki daftar kompetensi yang harus dimiliki sesuai dengan jabatannya masing-masing. Daftar kompetensi tersebut dijadikan dasar oleh perusahaan untuk memberikan kompensasi yang sesuai seperti adanya kenaikan jabatan, kenaikan gaji dan penambahan fasilitas.

PT. Trakindo Utama tidak hanya mendorong karyawannya dalam hal kompetensi dan pekerjaan, namun juga memberikan dorongan untuk hubungan antar kepegawaian. Contoh dorongan yang diberikan adalah adanya program wisata bersama yang dibiayai oleh perusahaan untuk seluruh karyawan. PT. Trakindo Utama juga membiayai aktifitas karyawan lainnya seperti futsal, Badminton dan Touring Community. Hal ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan social antar karyawan diluar lingkungan kerja.

Nilai Tambah dari Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. Trakindo Utama adalah adanya system mentoring. Sistem ini memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan karyawan. Karena sistem ini dapat membuat karyawan berkembang setiap saat. Yang menjadi mentor dalam system ini adalah posisi senior dalam sebuah jabatan maupun atasan dari karyawan tersebut. Sistem ini juga membantu mengurangi biaya yang tidak perlukan oleh perusahaan.


Daftar Pustaka

Widya Silfianti, Manajemen SDM, Gunadarma. Dalam :

Anonim, 2011, Makalah: Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, blogspot. Dalam :

International Labour Organization, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Kerjasama dan Usaha Yang Sukses. Dalam :

Marihot Tua Efendi Hariandja, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Grasindo. Dalam :

Wikipedia, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Wikipedia.com. Dalam :

No comments:

Post a Comment